Lari estafet : Teknik, Aturan dan sejarah nya

Olahraga adalah istilah yang luas untuk semua jenis aktivitas kompetitif, rekreasi dan fisik yang diatur oleh seperangkat aturan atau kebiasaan. Kata “olahraga” juga digunakan untuk merujuk pada aktivitas fisik yang dilakukan dalam olahraga seperti berenang, berlari atau bersepeda dan termasuk juga lari dalam cabang estafet.

Lari estafet

Lari estafet adalah olahraga lari estafet yang dimainkan di seluruh dunia, permainan ini dimainkan dengan 3 atau 4 pemain, yang berlari mengelilingi lintasan dalam lingkaran. Setiap pemain harus saling mengoper tongkat estafet dengan tangan, mereka tidak boleh mengopernya dengan menggunakan kaki atau bagian tubuh lain selain tangan mereka.

Tongkat harus dioper dari tangan ke tangan, dan pemain harus tetap berada di jalur mereka setiap saat dan menjaga jarak antara mereka dan pelari yang berdekatan (mirip dengan relay). Pemain tidak diizinkan untuk berlari secara diagonal melintasi jalur, juga tidak boleh mengoper tongkat mereka di luar jangkauan tangan pemain yang berdekatan.

 

Teknik dasar lari estafet

Pada dasarnya setiap kegiatan olahraga selalu mempunyai teknik untuk dimainkan tidak terlepas pada lari estafet ini, berikut ini lah bagaimana cara menerima tongkat dan memberikan tongkat yang benar pada olahraga estafet

  • Menerima tongkat.

Pemain penerima harus berada dalam posisi atletis dengan kedua lengan terentang, telapak tangan ke atas, dan tangan terbuka untuk menerima tongkat dari rekan setimnya. Pemain yang menerima harus menggunakan lengan bagian dalam (yang paling dekat dengan tubuh mereka) untuk mengambil tongkat. Jika ada keraguan lengan mana yang “di dalam”, sisi kanan tubuh Anda akan selalu menjadi lengan dalam Anda.

  • Memberikan tongkat

Ketika memberikan tongkat estafet, penting bagi Anda untuk tetap menekuk lutut Anda sehingga Anda siap untuk perubahan arah yang cepat jika diperlukan oleh pelari lain di tim Anda yang mengejar Anda

Ukuran lapangan lari estafet

Lapangan lari estafet jauh lebih kecil daripada lapangan lari perorangan. Alasannya adalah, karena dalam lari estafet, ada lebih dari satu anggota tim yang berlari sekaligus, sehingga mereka bisa tersebar di lebih banyak tempat. Dalam perlombaan perorangan, setiap pelari harus tetap berada di dalam lintasan dan tidak keluar dari lintasan.

Pada tingkat internasional, ada empat jenis utama relay: 4x100m (sprint pendek), 4x400m (jarak menengah), 4x800m (jarak jauh), dan relay gender campuran seperti event campuran 4x1500m yang terjadi pada kejuaraan besar atau pertemuan kualifikasi untuk kompetisi Olimpiade.

 

Sejarah singkat lari estafet

Lomba lari estafet pertama yang tercatat diadakan di Yunani kuno.

Perlombaan estafet modern pertama diselenggarakan pada tahun 1908 di Paris, Perancis oleh Komite Olimpiade Perancis.

Rekor dunia resmi pertama untuk lari estafet medley sprint 4×100 m (alias, “estafet”) ditetapkan oleh tim “Amerika” yang dipimpin oleh AS dengan waktu 40:30 pada Olimpiade Musim Panas 1912 di Stockholm, Swedia pada tanggal 6 Juli 1912 (lihat di bawah). Dalam hal ini, “modern” mengacu pada tanggal dan lokasinya di Eropa: Sebagai perbandingan, banyak negara lain pada waktu itu masih menggunakan kereta kuda sebagai bentuk transportasi utama mereka di seluruh kota dan kota mereka masing-masing; sehingga menyulitkan warga negara ini untuk bersaing satu sama lain kecuali mereka memiliki akses ke opsi transportasi massal seperti mobil atau kereta api – keduanya merupakan teknologi yang relatif baru selama periode ini!

Meskipun tidak ada acara lari yang diadakan selama Olimpiade itu sendiri karena belum ada yang secara resmi disetujui karena sebagian karena belum ada yang ada juga… tetapi sebagian besar karena tidak ada cukup banyak pesaing yang cukup tertarik untuk berpartisipasi saat itu….

 

Peraturan di lomba lari estafet

  • Tim estafet terdiri atas 4 pelari.
  • Setiap pelari harus berlari sepanjang jarak, dan setiap pelari harus menyentuhkan tongkat estafet ke dadanya sebelum meneruskannya ke pelari berikutnya.
  • Tongkat estafet harus dioper dalam garis lurus; jika anggota tim berlari keluar dari jalur mereka, mereka akan diberi penalti.
  • Tongkat estafet harus dioper dengan satu tangan saja oleh setiap peserta; jika aturan ini dilanggar maka mereka akan menerima penalti lagi dan waktu mereka akan dicatat sebagai nol detik (0).

 

Peraih rekor lari estafet

Lomba lari estafet tercepat yang pernah dilakukan oleh tim yang terdiri dari empat orang adalah peristiwa yang terjadi pada hari Sabtu, 13 Juli 1980. Tim ini terdiri atas pelari terkenal Alan Webb (AS), David Neville (AS), Chris Solinsky (AS) dan Josh Spiker (AS). Mereka mencatat waktu 2 menit 39 detik di Penn Relays untuk mencetak rekor dunia.

Rekor ini masih bertahan sebagai perlombaan lari estafet tercepat yang pernah dilakukan oleh tim yang terdiri dari tiga orang. Rekor ini dibuat oleh Christopher Young (AS), Michael Tinsley (AS), David Neville (AS) dan Andrew Wheating (AS) pada tahun 2010 selama Kejuaraan Luar Ruangan USATF di Des Moines, Iowa.

Perlombaan lari estafet tercepat yang pernah dilakukan oleh tim yang terdiri dari dua orang adalah peristiwa yang terjadi pada hari Minggu, 17 Oktober 2013 di Kingston upon Hull Inggris di mana Steve Lewis berlari 100m dan Jason Gardener 400m untuk Inggris melawan Skotlandia di Commonwealth Games Athletics Event yang diadakan di stadion Hampden Park Glasgow Skotlandia Inggris 21-25 Juli 2014

 

Manfaat dari lari estafet

Lari estafet adalah cara yang bagus untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bugar, bertemu orang baru dan menjalin pertemanan. Ini juga merupakan kesempatan untuk membuat teman-teman Anda terkesan dengan kemampuan atletik Anda. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda tidak dalam kondisi terbaik dan tidak punya waktu untuk menghabiskan berjam-jam di gym setiap hari.

Lari estafet juga dapat digunakan sebagai latihan membangun tim bagi sekelompok orang yang ingin berkumpul bersama di luar pekerjaan atau sekolah. Hal ini membantu membangun kepercayaan antar individu dan dapat mengarah pada ikatan yang lebih kuat dalam kelompok secara keseluruhan.

 

Penutup

Olahraga yang kita mainkan adalah permainan yang kita sukai. Permainan ini menyatukan orang-orang, menciptakan kegembiraan dan bahkan menginspirasi orang untuk mengejar impian mereka. Olahraga tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi kita untuk berolahraga, bersosialisasi dengan teman atau anggota keluarga, dan belajar bagaimana menjadi lebih baik dalam hidup dengan menyaksikan orang lain yang lebih baik dari kita dalam hal yang terbaik dalam hidup mereka, jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan baagikan ke teman anda .

Leave a Reply

Your email address will not be published.