FAKTA OLAHRAGA POLE DANCE YANG KEBANYAKAN DIGEMARI WANITA

Kerap dilakukan oleh para selebritis ternama Indonesia, olahraga pole dance memiliki banyak fakta menarik yang harus Anda ketahui. Pole dance disebut juga dengan nama tari tiang atau berupa gerakan senam yang menjadikan tiang sebagai tumpuan bergerak.

Gerakannya terkesan beritme santai, tetapi hanya orang terlatih yang bisa melakukannya secara tepat. Salah satu gerakan untuk kesehatan ini melibatkan seluruh otot dalam tubuh sehingga harus berlatih secara serius sampai bisa melakukannya sendiri tanpa pelatih.

Fakta Menarik Seputar Pole Dance

Popularitas tari tiang di Indonesia termasuk baru dibandingkan gerakan kesehatan lainnya. Ini sebabnya kami akan mengajak Anda mencari tahu fakta olahraga pole dance untuk mengetahui tari tiang lebih jauh:

  1. Bisa Dilakukan Siapapun

Tari tiang dapat dilakukan siapa saja asalkan menuruti arahan dari profesional atau instruktur. Tidak boleh dilakukan sembarangan di rumah sendirian karena gerakan yang salah dapat menyebabkan cedera dari tingkat ringan hingga paling parah.

  1. Jenis-Jenis Pole Dance

Tari tiang terbagi atas tiga jenis, pertama trik akrobatik untuk menampilkan kekuatan otot yang di luar dugaan. Kedua tanpa alas kaki dengan menunjukkan gerakan tarian, menggunakan kostum, dan menggunakan alat peraga khusus.

Ketiga, menunjukkan pose tertentu dengan menggunakan sepatu hak tinggi. Berbagai jenis olahraga pole dance yang kami sebutkan di atas dapat menjadi referensi ketika Anda ingin memulainya pada kemudian waktu.

  1. Promosikan Body Positivity

Sekilas orang awam melihat atlet tari tiang hanya meliuk-liukkan tubuhnya pada tiang. Padahal, apa yang mereka lakukan membutuhkan fokus dan koordinasi semua anggota tubuh secara akurat. Ketika konsentrasi pecah, besar kemungkinan terjadi kecelakaan.

  1. Bisa untuk Healing

Terakhir, yang dibutuhkan semua orang di zaman sekarang adalah healing. Tari tiang ini bisa menjadi sarana healing tanpa mengeluarkan uang sepeserpun atau membuang tenaga percuma. Anda dapat menerima manfaat sehat dan pikiran positif setelah menari tiang.

Berbagai fakta tersebut dapat memperkaya pengetahuan Anda akan olahraga pole dance. Setiap gerakan membutuhkan fokus tinggi dan ketika orang lain melihat lenturnya para pelaku tari tiang, itu berkat latihan rutin dan konsisten untuk mencapai level tertentu.

Manfaat Penting Pole Dance Bagi Tubuh

Seperti jenis olahraga lainnya, tentu saja tari tiang juga memberikan banyak manfaat penting terhadap tubuh. Agar Anda lebih teguh menetapkan berolahraga tari tiang, cari tahu manfaat positifnya dari poin-poin berikut:

  1. Membakar Kalori

Tari tiang dapat menjadi pilihan tepat apabila Anda ingin membakar kalori dalam waktu cepat. Untuk yang sedang program diet, salah satu gerakan sehat ini dapat menjadi solusi menurunkan berat badan asalkan dilakukan secara konsisten di bawah pengawasan ahli.

  1. Percaya Diri Meningkat

Manfaat positif olahraga pole dance juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Apalagi tari tiang ini di Indonesia sekarang banyak digemari selebriti ternama. Selain gerakannya yang estetik, tubuh juga akan terbentuk secara ideal sehingga kepercayaan diri meningkat.

  1. Mengurangi Stress

Menari biasa sudah bisa mengurangi stress, apalagi jika gerakan tarian itu berhubungan erat dengan peningkatan kualitas kesehatan tubuh. Stress bisa dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya rutinitas sehari-hari, seperti pekerjaan yang tidak ada hentinya.

  1. Melenturkan Tubuh

Paling dinantikan manfaatnya oleh semua perempuan adalah tubuh menjadi lebih lentur sehingga mempermudah gerakan sehari-hari. Tubuh yang lentur sangat berperan penting menunjang kegiatan sehari-hari agar tidak mudah kelelahan saat beraktivitas.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat terakhir dari melakukan olahraga pole dance adalah kualitas tidur menjadi lebih baik karena tubuh sudah rileks. Stress juga telah berkurang sehingga tidur Anda bisa lebih baik dan ketika bangun tidur, tubuh akan merasa lebih ringan serta mood menjadi sangat baik.

Lima manfaat tersebut dapat menjadi alasan Anda memulai olahraga tari tiang dari sekarang. Terutama untuk ibu rumah tangga, tidak perlu menggunakan banyak ruangan untuk berolahraga. Anda bisa memilih tari tiang untuk kesehatan dan melepas penat.

Ternyata Inilah Sejarah dan Kontroversi Olahraga Pole Dance

Saat pertama kali diperkenalkan di Indonesia, sepertinya banyak orang awam menganggap setiap gerakan tari tiang sarat akan gerakan erotis atau menggoda. Apalagi dalam anggapan ketimuran di Indonesia, ketika belum populer, banyak kontroversi yang hadir.

Anggapan olahraga pole dance sebagai gerakan erotis tidak dapat disalahkan sepenuhnya karena memang ada sejarah terkait hal tersebut. Pada era 80 hingga 90-an, tari tiang ini identik dengan tarian telanjang oleh para penari eksotis.

Namun, seiring berjalannya waktu, tari tiang diperkenalkan sebagai salah satu cabang olahraga yang bahkan pernah menjadi cabang pada olimpiade Rio pada tahun 2016. Jika diperhatikan dari sisi positifnya, ada banyak manfaat yang bisa diterima tubuh.

Kontroversi tari tiang perlahan mulai memudar seiring edukasi manfaat penting yang diberikan. Sekarang, barangkali masih ada yang tabu, namun jumlahnya tidak sebanyak saat pertama kali olahraga pole dance diperkenalkan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.